Kesehatan reproduksi remaja dapat diartikan sebagai kondisi sehat pada sistem, fungsi, dan proses reproduksi yang dimiliki remaja, dari fisik, mental, dan sosial kultural. Saat ini, tidak sedikit orang, baik dari kalangan remaja maupun orang dewasa yang masih menganggap tabu akan hal-hal yang berkaitan dengan reproduksi, sehingga hal tersebut memicu rasa tidak nyaman ketika membahasnya dan akan cenderung untuk menghindari topik-topik semacam itu. Stigma ini apabila dibiarkan dan tetap berkembang di lingkungan masyarakat akan membuat dampak secara serius pada jangka panjang. Sebagai generasi penerus bangsa di masa depan, remaja diharapkan mengetahui dan memiliki informasi terkait bagaimana pentingnya kesehatan serta proses reproduksi yang benar. Hal ini bertujuan agar remaja dapat menerapkan pola perilaku sehat, yaitu terhidar dari pernikahan dini, seks pra-nikah atau seks bebas, serta terhindar dari penyalahgunaan NAPZA.

Untuk mewujudkan tujuan tersebut, Dinas PPKB PPPA Kabupaten Sragen melakukan penyuluhan terkait kesehatan reproduksi remaja kepada PIK-R ”Muda Berkarya” dari Desa Jatibatur yang berlokasi di rumah Bapak Bayan Giyo, Dk. Mororejo, Desa Jatibatur, Lokasi Kampung KB. Kegiatan penyuluhan ini dilaksanakan pada hari Rabu, 09 Juni 2021 pukul 09.00 WIB s.d. 11.00 WIB. Materi yang dibahas ada dua dengan dua narasumber pula, yaitu, materi GENRE atau Generasi Berencana dan materi PUP atau Pendewasaan Usia Perkawinan.

Kegiatan penyuluhan ini dihadiri kurang lebih sejumlah 20 peserta dari anggota PIK-R ”Muda Berkarya”, terdiri dari remaja tengah dan remaja akhir. Para peserta terlihat antusias akan materi-materi yang disampaikan oleh narasumber dan mampu terlibat secara aktif, sehingga kegiatan penyuluhan ini berlangsung dengan sistem dua arah. Tidak hanya materi saja yang disampaikan, tetapi diselingi juga dengan adanya praktek-praktek yang membantu peserta agar lebih memahami hal disampaikan narasumber. Praktek tersebut dilakukan dengan metode learning is fun, yaitu melalui permainan yang mengedukasi. Setelah mendapatkan informasi terkait kesehatan reproduksi tersebut, remaja akan lebih terbantu dalam proses pendewasaan diri dan bagaimana pengambilan keputusan yang bertanggung jawab.

Sumber : http://dppkbpppa.sragenkab.go.id/2021/06/10/penyuluhan-kesehatan-reproduksi-remaja/

#

No responses yet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *